Selasa, 17 Maret 2020

Anda Harus Tahu Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis



Ada sebuah komponen penting dalam AC mobil yang benar-benar harus dirawat yaitu freon. Sebab cukup banyak kasus para pengguna mobil yang menyebutkan freon AC mobil cepat habis. Freon adalah sebuah cairan yang cara kerjanya yaitu melewati receiver dryer untuk selanjutnya di filter ketika ada kotoran menumpuk. Kotoran menumpuk adalah salah satu penyebab freon mudah habis sehingga AC mobil tidak dingin.

Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis
Banyak orang kurang paham bila freon AC mobilnya sudah habis. Berikut beberapa ciri yang umumnya harus diperhatikan.
  Jika anda merasakan AC mobil tidak dingin atau tidak segar dan sejuk seperti biasanya, maka dipastikan freon AC mobil sudah habis dan harus diganti.
  Saat saklar AC dinyalakan dan kompresor tidak lagi berputar seperti biasa maka anda perlu melakukan pengecekan apakah freon benar-benar habis atau tidak.
  Kompresor dan ekstra fan yang tidak mau berputar meski AC mobil sudah dihidupkan.
   AC mobil tidak dingin sama sekali malah rasanya hawa yang keluar panas sekali dan mengganggu.
  Muncul gelembung-gelembung berwarna pink di receiver saat mobil mulai dinyalakan.

Apa Penyebab Freon AC Mobil Habis?
Sebelum memutuskan untuk membawa AC mobil ke service AC mobil, anda sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab freon habis yang umumnya sering terjadi.

1. Kebiasaan Buka Jendela Saat AC Nyala
Jika anda memiliki kebiasaan yaitu sering membuka jendela saat AC mobil menyala maka kinerja AC jadi cukup terganggu sehingga freon jadi sangat cepat habis.
Sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini dengan cara matikan saja AC terlebih dahulu saat anda ingin membuka jendela dalam waktu yang lama. Ini juga termasuk dalam kebiasaan buruk yang benar-benar harus dihindari karena cukup merugikan.

2. Sistem Pendingin Yang Bocor
Penyebab freon cepet habis bisa saja karena sedang terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Jika kebocorannya cukup kecil, misalnya tekanan yang cukup kecil mencapai 120 psi maka kehabisan freon tidak akan terjadi.
Namun jika pendingin benar-benar bocor bisa saja freon habis, untuk mengecek lebih lanjut anda bsia membawa mobil ke service AC mobil terdekat saja. Kebocoran yang kerap terjadi adalah di sel o ring yang ada pada sambungan pipa AC.

3. Terlalu Sering Menggunakan AC Mobil
Jika mobil anda rutin digunakan setiap hari untuk bekerja atau keluar rumah maka tentu penggunaan AC mobil yang terlalu sering tidak bisa dihindari. Untuk itu, sebaiknya bagi  yang mobilnya digunakan setiap hari sesekali bisa mematikan AC mobil dan membuka jendela untuk menikmati angin dari luar. Biasanya saat pagi hari udara masih sejuk jadi anda bisa memanfaatkannya, apalagi udara alami juga lebih menyehatkan jika tidak tercampur oleh polusi.

4. Radiator Yang Kotor
Debu dan kotoran menumpuk bisa jadi sesuatu yang serius bagi freon AC mobil. Saat kompresor dan juga kondensor kotor maka kinerja AC mobil jadi terganggu.
Saat keduanya kotor maka AC menjadi berkarat dan hawa panas yang harusnya dibuang jadi tersendat dan tidak maksimal. Hal ini tentu berpengaruh pada freon yang harus bekerja ekstra lebih tinggi lagi sehingga jadi cepat habis. Untuk itu selalu cek radiator dan pastikan dalam keadaan bersih.

Itu tadi penyebab freon AC mobil jadi cepat habis yang sering terjadi tapi sebagian orang kurang memahaminya. Jika freon sudah benar-benar habis maka hendaknya melakukan isi ulang di service AC mobil yang tepat dan sudah berpengalaman.


EmoticonEmoticon